Jumat, 06 Maret 2009

Keuntungan Pengajaran dengan Portofolio

Muhammad Faiq Dzaki

Pengajaran yang berfokus pada portofolio memberikan banyak keuntungan. Keuntungan menggunakan portofolio antara lain adalah sebagai berikut: (1) Siswa dapat menggambarkan pembelajaran mereka sendiri dan cara‑cara memperbaikinya; (2) Siswa dapat terlibat bekerja pada tingkat kompleksitas yang berbeda atau mendukung bekerja komplit di dalam maupun di luar kelas; (3) Memberi lebih banyak informasi tentang apa dan bagaimana siswa belajar dibandingkan siswa lainnya; (4) Menjadi media bagi siswa, guru, orang tua, dan penilai eksternal untuk mengkomunikasikan dan menyampaikan harapan‑harapannya tentang pembelajaran siswa; (5) Memberikan gambaran

yang akurat dari program pembelajaran yang diikuti oleh siswa, Dalam hal ini membantu guru dan penilai eksternal membuat keputusan kritis tentang efektivitas program; (6) Dapat digunakan untuk mendokumentasikan prestasi siswa. Ini berarti penilaian yang diberikan akan lebih akurat; (7) Mendemonstrasikan kemampuan siswa menerapkan pengetahuan pemecahan masalah, kemampuan menggunakan bahasa ilmiah, mengkomunikasikan ide, kemampuan memberi alasan atau pun menganalisis; (8) Dapat meningkatkan kemampuan evaluasi diri siswa; (9) Berguna bagi guru dalam mengidentifikasi letak kelemahan dan kelebihan siswa atau memberi nilai diagnostik yang berarti bagi guru; (10) Umpan balik yang diberikan siswa akan membangun pemahaman siswa; (11) Guru dapat mendeteksi variabel afektif siswa, atau memantau status afektif siswa, antara lain kejujuran, percaya diri, ketekunan, sikap positif terhadap IPA dan lain‑lain.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!